Algoritma Pemograman #part 1

        


    Hai guys kenalin nih nama gw Calvin kali ini gw akan ngeshare nih ilmu yg gw dapetin di semester 2 khususnya bidang alpro(Algoritma Pemograman) Stay Tune yaaa.... :)

Apa Itu Algoritma :

   Algoritma itu Ialah daftar intruksi yang mendeskripsikan suatu KOMPUTASI yang ketika dijalankan pada set input akan di proses melalui set kejadian dan terdefinisi dengan baik dengan menghasilkan output yang sesuai. 

    Mungkin kalian tidak terlalu paham dengan pengertian baku diatas hahahaha. So, gw akan jelasin dengan bahasa sehari hari. Jadi algorima itu merupakan daftar dari langkah langkah sederhana yang dilakukan secara urut sampai mencapai hasil. Contohnya cara memasak mie di balik kemasan Indomie :)



Apa Itu Paradigma :

    Paradigma adalah sudut pandang atau "sudut serang" tertentu yang diprioritaskan, terhadap kelompok problema, realitas, keadaan, dan sebagainya. intinya paradigma itu memprioritaskan kita terhadap suatu sudut pandang. 

Beberapa paradigma dalam pemrograman :

1. Paradigma Prosedural atau imperatif.

    Paradigma ini didasari oleh konsep mesin Von Newmann (stored program concept), yaitu sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing dapat diberi nama dan harga. Instruksi akan dieksekusi satu per satu secara sekuensial oleh sebuah pemroses tunggal. 

    Sebenarnya guys, Kalian kalau pakai paradigma ini itu bisa aja di katakan "tidak manusiawi". Kok bisa? iya dong karena kalian harus berfikir seperti mesin wkwkwk. Tapi ada keuntungannya loh pakai paradigma ini yaitu kalian lebih dekat dengan mesin bukan sama dia:v.

2. Paradigma Fungsional

    Paradigma fungsional didasari oleh konsep pemetaaan dan fungsi pada matematika. Fungsi dapat berbentuk sebagai fungsi "primitif", atau komposisi dari fungsi-fungsi lain yang telah terdefinisi. Pemrogram mengasumsikan bahwa ada fungsi-fungsi dasar yang dapat dilakukan. Penyelesaian masalah didasari atas aplikasi dari fungsi-fungsi tersebut. Jadi, dasar pemecahan persoalan adalah transformasional. Semua kelakuan program adalah suatu rantai transformasi dari sebuah keadaan awal menuju ke suatu rantai keadaan akhir, yang mungkin melalui keadaan antara.

    Berbeda dengan paradigma sebelumnya paradigma ini tidak memorisasi dan kalian tidak perlu jadi mesin :v. Karena di paradigma ini akan berfikir setiap fungsi adalah "kotak hitam". Jadi kalian hanya perlu mengedit kotak hitam ini doang biar jadi suatu program yang besar.

3. Paradigma Deklaratif, Predikatif atau Lojik

    Ada yang unik nih guys. Paradigma ini itu memiliki dasar relasi antar individu loh. Jadi paradigma ini menguraikan sekumpulan fakta dan aturan. Nah disini kalian tinggal mengajukan pertanyaan(query) saat program di eksekusi. Lalu program akan menjawab apakah pertanyaan yang kalian ajukan itu dapat dideduksi dari aturan dan fakta yang ada

4. Paradigma Berorientasi Objek

    Kalau yang tadi didasari dengan relasi,aturan dan fakta. Berbeda nih kalau paradigma yang ini. Paradigma ini didasari oleh objek. Sebuah objek mempunyai atribut (kumpulan sifat) dan mempunyai kelakuan (kumpulan reaksi, metoda). Objek yang satu dapat berkomunikasi dengan objek yang lain lewat "pesan", dengan tetap terjaga integritasnya. Kelas adalah objek mempunyai atribut yang sama dan diturunkan ke semua pbjek yang berada dalam kelas yang sama. 

    Kelas-kelas mempunyai hirarki, anggota dari sebuah kelas juga mendapatkan turunan atribut dari kelas di atasnya. Paradigma ini menawarkan konsep class, generic, inheritance, polymorphism, dan menekankan pentingnya pendefinisian statik kelas untuk melahirkan (menciptakan) objek pada saat runtime, yang kemudian dimanipulasi atau saling berinteraksi. Definisi kelas memungkinkan adanya penurunan kelas dengan objek pada saat runtime yang dapat "berubah" bentuk dengan kelakuan yang disesuaikan.

Nah dari keempat paradigma diatas, dalam literatur masih ada paradigma yang lain loh apa aja tuh? :
- Paradigma Konkuren : yang erat hubungannya dengan arsitektur perangkat keras yang memungkinkan pemrosesan secara paralel atau perangkat lunak sistem terdistribusi yang mengelola akses konkuren.

- Paradigma Relasional :yang didasari entity dan relasi, dan pemrograman dalam bahasa query yang memungkinkan diperolehnya suatu himpunan nilai.

Apa Itu FlowChart:

    Sebenarnya flowchart itu sama artiannya dengan algoritma tapi hanya saja berbentuk diagram.

Fungsi FlowChart :

Fungsi utamanya ialah memberi penjelasan dengan gambar (Diagram) jalanya sebuah program. Kalau fungsi gak utamanya itu ialah sama aja kayak fungsi utama agar mudah untuk di jelaskan ke kalayak ramai.

Jenis Flowchart :

1. Flowchart Dokumen :
        Flowchart Dokumen untuk memberikan gambaran terhadap suatu laporan atau dokumen mulai dari bagaimana laporan dicatat, diproses dan disimpan.
2. FlowChart  Program :
        FlowChart Program untuk memberikan gambaran terhadap suatu program mulai dari input, proses dan output progam.
3. FlowChart Sistem :
        FlowChart Sistem untuk memberikan gambaran terhadap suatu sistem dengan menampilkan tehapan atau proses kerja yang berlangsung.

Mungkin segini dulu guys gw share catatan gw mungkin nanti akan gw buat lagi untuk part 2 nya stay tune yaa guys....

Komentar